-->

Gerhana Bulan Malam ini 18.30 s.d. 00.30

Malam ini akan terjadi gerhana bulan total yang diperkirakan mulai pukul 18.30 sampai dengan pukul 00.30. Bagi anda yang beragama Islam disunahkan untuk melaksanakan sholat Gerhana Bulan.
Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bandung Barat (KBB), Imron Rosyadi, terjadinya fenomena alam gerhana bulan ini harus disyukuri umat muslim. Oleh karena itu, seluruh masjid di KBB diminta melaksanakan salat sunat khusuf atau salat yang dilakukan saat gerhana bulan. "Imbauan melaksanakan salat khusuf secara bersama-sama di semua masjid sudah kita sampaikan. Banyak hikmah yang bisa dipetik, salah satunya menjadi alat untuk mempererat tali silaturahmi, baik di dalam keluarga maupun masyarakat," kata Imron di Batujajar, Jumat (9/12).
Dijelaskannya, salat khusuf bukan ditujukan untuk meminta bulan dikembalikan dalam keadaan normal. Salat sunat ini dilaksanakan layaknya perintah melaksanakan salat subuh atau salat lainnya.
Kepala Observatorium Bosscha, Hakim Luthfi Malasan mengatakan, fenomena gerhana bulan kali ini akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia. Namun, seandainya langit di Indonesia bagian barat cerah, maka kejadian langka itu akan jauh terlihat jelas dibandingkan daerah lain.
"Pada fenomena astronomi gerhana bulan kali ini, bulan tidak melintasi pusat bayangan bumi, sehingga gerhana akan lebih cepat berlalu jika dibandingkan dengan gerhana bulan total pada bulan Juni lalu yang berlangsung selama 101 menit. Bulan saat itu akan mulai terbit dari timur menuju utara pada ketinggian 22 derajat di atas garis horizontal," kata Hakim.
Ia mengatakan perbedaan antara gerhana bulan total yang terjadi bulan Juni lalu dengan yang sekarang terletak pada waktu terjadinya. Pada bulan Juni, gerhana bulan terjadi setelah tengah malam, sedangkan sekarang sebelum tengah malam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gerhana Bulan Malam ini 18.30 s.d. 00.30"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel